Jumat, 30 Maret 2012

soulmate = me + books

Tiap jalan ke toko buku saya selalu iri dengan anak-anak jaman sekarangg yang tinggal di kota-kota besar. Buku melimpah. Mau baca buku seperti apa, hampir semua ada di toko. Yang membatasi kita dengan membaca hanya uang dan kemauan. Punya duit buat beli buku atau tidak. Mau baca buku atau tidak.

Saya belajar membaca sejak Taman Kanak-Kanak, diajari bapak saya. Tidak pakai buku bacaan anak-anak yang bergambar warna-warni, karena saya tidak punya. Jadi pakai apa? Pakai apapun yang bertulisan. Headline koran atau majalah, buku pelajaran kakak saya, sampai tulisan topik berita yang muncul di samping pembaca berita TV. Alhasil TK B saya sudah bisa baca. Horeeeee..

Lantas, setelah bisa baca saya baca apa? buku-buku bacaan hanya ada di ruang kelas saya di TK (karena TK saya dulu belum punya perpustakaan). Saya ingat dulu punya buku "percakapan bahasa inggris" yang sebenarnya punya kakak saya. Bukunya sudah sangat tua, sampulnya yang kalo tidak salah hanya fotokopian sudah compang, jilidnya dibantu selotip. Di dalamnya ada percakapan-percakapan bahasa Inggris, itulah yg saya baca. Dengan lafal Indonesia tentu saja. dis is e banana, dis is e tri, dis is e banana tri. Gara-gara buku itu saya diajari percakapan bahasa Inggris abal-abal sama kakak saya.
"Hello Son!"
"Yes Fabi!"
Ini percakapan macam apa saya juga bingung. Btw, Son dan Fabi adalah nama tetangga saya yang berasal dari flores. Setelah saya pikir-pikir malah nama tetangga saya itu sekeluarga bernama Amerika Latin. Dan akhirnya pembicaraan sesaat nan sesat itu jadi anekdot yg menyerang saya sampa saat ini. hah!

Kembali ke baca-membaca, aakhirnya saya baca apa saja yg bisa dibaca. Daaaan, mulailah saya bergerilya mencari bahan bacaan di rumah saya. SAlah satu lokasi favorit saya adalah Lemari buku panjang yang di keluarga saya disebut "bopet" atau kadang "bupe'" yang saya yakin diambil dari kata "buffet". Nah, si bopet ini isinya buku pelajaran mulai dari kakak saya yang pertama (14 tahun lbh tua dr saya) sampai kakak sayang yang keenam (6 tahun lebih tua dr saya). Mengingat dalam kurun waktu 8 tahun orang tua saya punya 6 anak, jadi salah satu jalan penghematan dilakukan dengan mewariskan buku-buku pelajaran. Jadi, tidak ada yang namanya "membuang buku pelajaran" di keluarga saya, bahkan setelah saya mulai sekolah dan nyata-nyata tidak memakai buku pelajaran cetakan jadul. hehe. 

Dari bopet itulah saya dapat bahan bacaan berupa: buku pelajaran bahasa indonesia. hahaha. Kenapa buku pelajaran bahasa Indonesia? karena di dalamnya banyak bacaan seperti cerpen, cerita rakyat, puisi, dll. Kebiasaan ini terus berlanjut sampai SMA, setiap kali membeli buku cetak bahasa Indonesia, saya langsung mencari bacaannya lebih dulu. Nah, perkembangan buku bacaan saya akan saya uraikan dengan gambar, enjoy!
1. Buku Bahasa Indonesia Jaman Dahulu Kala
Buku cetak bahasa Indonesia jaman dulu.
 Eit, tapi jangan salah, buku bahasa Indonesia jaman dulu lebih kaya karya sastra macam cerita rakyat, pantun, puisi, dll. Favorit banget nih buat saya. Sangat berjasa sebagai bacaan di awal-awal saya pandai membaca.


2.  Buku Cerita Anak-Anak terbitan ElexMedia Komputindo
Akhirnya, mungkin karena kasihan liat saya baca buku pelajaran, kakak-kakak saya yang sudah tinggal di kota berinisiatif membelikan saya buku cerita anak-anak terbiatan Elexmedia Komputindo. Saya ingat pertama kali punya 4 buku macam ini. Gadis Penjual Korek Api, Si Tudung Merah, Heidi, dan yg satunya lagi saya lupa. hehe. Buku-buku saya yang seperti ini akhirnya terus bertambah.


3.  Komik Asterix

Setelah buku -bacaan anak-anak, saya lalu mulai baca komik, tapi masih komik-komik non jepang, macam Asterix, Lucky Luke, Smurf, dll. Tapi itu bukan modal beli, modal minjem. Pinjamnya di perpustakaan daerah, entah Makassar atau Sulawesi Selatan itupun kalo lagi liburan baru saya bisa kesana diajak kakak saya. Saya ingat di perpustakaan itu ada semacam ruangan khusus untuk bacaan anak-anak. Berkarpet dengan boneka beruang super besar. Ada yang tau perpus itu letaknya dimana? Saya selalu lupa nanya kakak saya.


4.  Buku Seri Lima Sekawan

Nah, kalo yang ini adalah buku tebal saya yang pertama. Seri lima sekawan (atau yg versi Inggrisnya Famous Five) yang judulnya minggat. Buku ini buku teman kakak saya kalo tidak salah, saya yang penasaran akhirnya ikut baca. buku ini saya baca lama sekali. diulang-ulang pula, karena banyak kata-kata yang masih sulit dicerna.. haha. Buku ini dikarang oeh Enid Blyton, wanita asal Inggris. Berawal dari buku ini saya jadi ngefans dengan buku-buku Enid Blyton yg lain, mulai dari Sapta Siaga, Empat Sekawan, Pasukan Mau Tahu, St. Clare, Mallory Towers, Si Badung, dll. Kalo mau ngasih saya hadiah, buku-buku ini ada di top list saya *ngarep* hahaha.


5.  GOOSEBUMPS!!!!

Buku berikutnya yang saya baca adalah.....goosebumps! Nah, buku inilah yang sukses membuat saya parno sejak kecil. Total jumlah buku ini 62 seri kalo saya ga salah. Saya mungkin baru membaca setengahnya. Kelas 3 SD baca goosebumps itu luar biasa begonya menurut saya. Tiap habis baca ini saya jadi sulit tidur, mana dulu ada buku goosebumps yang covernya gambar tengkorak yang glow in the dark. Huuu... Anehnya, walopun saya takut tiap habis baca buku ini, saya tetap kukuh membaca tiap kakak saya minjem dari temannya. hahahaa


6.  Doraemon. Buku wajib anak SD, ga baca doraemon ga gaul
Akhirnya saya sampai juga ke rezim Doraemon. eh? hahaha. Setelah menghabiskan puluhan hari minggu nonton di TV, akhirnya saya ketemu bukunya! Jadilah saya fans baru Doraemon. Dulu setiap liburan ke Makassar, saya dibolehkan membeli buku barang 2 atau 3 biji (tidak boleh beli mainan), dan saya selalu menghabiskan slot beli buku saya dengan DO RA E MON. Samapai-samapai ada suatu masa dalam hidup saya dimana saya dipanggil dengan nama "Nobi" yang diambil dari Nobita. Hadeeeh..


7.  Serial Cantik.
Komik romantis yang agak-agak lebay tapi bikin penasaran.
Faktor utama cinta monyet di kalangan anak SD.
Akhirnya saya keranjingan komik, setelah doraemon, saya beralih ke serial catik. Lalu serial misteri, laluu ke komik apapun yang bisa saya temukan. Ditambah lagi sekolah saya akhirnya membuat perpus yang isinya kebanyakan komik. Woow... heaven on earth buat saya. Saya sampe menawarkan diri bantu Bu Samsinar, petugas perus, buat sampul buku biar bisa pinjam lebih banyak buku. huu... benar-benar tipe #ModalMinjem.  hahaha.

8. Harry Potter.
Buku yang tiba-tiba membuat semua orang benci jd manusia biasa.
Untung saya bukan Muggle, bukan Darah Lumpur, saya Darah Penghianat. hahaha
Kelas 5 SD kakak saya yang pertama memberi saya hadiah Buku Harry Potter ke-3, Prizoner of Azkaban. Saya yang langsung setres karena buku ini tebalnya bukan main, berasa "biasa saja" menerima buku itu. Tapi, setelah saya baca....akhirnya saya jadi nge-fans! (lagi). Walopun sempat pusing karena belum baca buku 1 dan 2 (yang ternyata sudaj ada di perpus sekolah. saya kemana ajaa??) tapi moment bca buku ini sangat epic. #absurd. Akhirnya, setiap peluncuran buku-buku selanjutnya saya selalu masuk daftar antrian hard cover di Gramedia karena yg beli hard cover bisa baca lebih duluan dari yg beli sampul biasa (dan berhadiah tas. hehe). Saya ingat sekali waktu buku ke-6 tiba (Half-blood Prince), saya pura-pura sakit biar bisa bolos sekolah dan baca buku seharian. hahaha. Karena Harry Potter lah saya lalu mulai membaca buku-buku yang lebih tebal  lagi yang bergenre novel Fantasy.

Kalo yang berikut ini, buku-buku yang jadi favorit saya saat ini. 

 Komik Seri Miiko.
Bacaan anak-anak yang banyak dibaca orang dewasa. 
Faktor utama rebutan antara saya dengan ponakan yang SD kelas 4.


Komik Seri Fruit Basket
Tokoh di komik inilah yang bikin saya dipanggil KYO sama teman-teman. Kyo Soma, si Kucing dalam 13 Shio. Komik ini high recommended buat dibaca. Tamat dii nomor 22 kalo tidak salah. Bagus!!


Buku Karangan Jodi Picoult.
Jodi Picoult adalah salah satu pengarang favorit saya, buku-bukunya berputar masalah hukum dengan kasus-kasus tidak biasa. Saya banyak belajar tentang persidagan a la common law dari buku-buku Jodi Picoult. One of my fave is Perfect Match. U should read this!!


Diary of Wimpy Kid
Buku ini terdiri dari beberapa seri, tapi yang baru saya baca adalah buku yang pertama. Kenapa saya tidak mau membaca seri yang lain? karena saya tidak mau membaca versi bahasa Indonesia buku ini. Menurut saya, jika di-Indonesiakan, jokes nya kurang pas. Buku Diary of Wimpy Kid yang sanya punya memang berbahasa Inggris. 


The Bartimaeus Trilogy
Buku dari salah satu penulis favorit saya setelah Enid Blyton yaitu Jonathan Stroud. Bartimaeus Trilogy ini novel fantasi dengan jokes-jokes sarkastik. Yang bikin saya suka trilogi ini adalah Footnote nya! yep, buku ini sudah macam karya ilmiah, banyak footnotenya. ngomong-ngomong karya ilmiah, proposal saya di pembimbing apa kabar yaaaa.... #mendadakgalau


Ca Bau Kan
Kalo yang dibawah ini novel yang baru saja selesai saya baca. Bagus loh ternyata. Dulu pernah difilmkan dan saya tidak nonton. hahaha. kemarin tiba-tiba kepikiran buat baca setelah nemu di tempat rental. Gara-gara buku ini saya makin terobsesi dengan budaya tionghoa.


Cala Ibi
Kalau buku yang dibawah ini adalah buku yang pernah saya baca dan ga sampe habis. Kalo tidak salah buku ini saya baca waktu saya masih SMP, pas lagi liburan. Liburan habis, eh saya belum menamatkan buku ini. Di tempat rental juga ga ada. Di toko buku juga gak ada. Kalo ada yang punya, pinjam yaaaaah... heheh #lagilagimentalminjem.

3 komentar:

  1. Ahahaha nda akan sa lupa itu novel Goosebumps.wkwkwk

    BalasHapus
  2. iyo njeeel.. dulu selalu k pinjam goosebumps nya barry di linda. hahaha. kau jg dulu suka beli goosebumps toh. hehe

    BalasHapus
  3. hahah nda pernah k beli goosebumps nah..pinjaman semua..ahaha br (sengaja)nda di ks kembali..

    BalasHapus