Selasa, 03 April 2012

Bedtime Story *yawn*

Tadi karen kakak saya telat balik dari kantor dan mamak saya sedang pergi melayat, akhirnya saya harus extra time jaga ponakan saya yang umur 1 tahun setengah. Setelah bosan nonton Barney dan nguber-nguber cicak (kegiatan favorit) akhirnya kami berdua mati gaya. Ponakan saya makin rewel, saya makin bete. Dan tiba-tiba saya nemu majalah Bobo jadul, dan mulailah saya membacakan Bobo ke ponakan saya yang bahkan belum lancar ngomong. Lucunya, dia menyimak dengan serius. Hehe.

Kejadian ini tiba-tiba bikin saya ingat dengan kebiasaan saya waktu kecil. Dulu, waktu Bapak saya masih bekerja shift-shiftan, jaman saya masih TK sampai awal SD. Setiap kali Bapak saya shift malam, beliau akan pulang pagi-pagi sekali setelah bekerja sekitar 8 jam. Berarti, Bapak saya akan ada di rumah waktu saya tidur siang. Kebiasaan kami berdua, sebelum tidur siang Bapak saya akan bercerita sampai saya tidur. Semacam bedtime story tanpa buku, murni ingatan bapak saya. Niatnya saya akan tertidur sebelum cerita selesai, tapi ujung-unjungnya, Bapak saya akan tertidur sebelum cerita selesai dan saya bebas main di halaman. hahaha

Saya masih ingat cerita-cerita yang sering menjadi bedtime story saya, tapi yang paling melekat di ingatan saya adalah Little Red Coat (si Tudung Merah, bukan si Tudung Saji) dan Tom Thumb (ituloh, cerita tentang anak yang sekecil jempol, saya lupa versi Indoesianya namanya apa). Dua judul Inggris tadi diceritakan oleh bapak saya dalam bahasa Indoesia tentu saja, tapi kalau saya tanya judulnya, bapak saya pasti menjawab judul versi English nya. Dan dulunya saya belum ngeh, saya pikir Litte Red Coat ya Litelretkot dan Tom Thumb ya Tomtam.

Setelah akhirnya sadar dengan anomali itu (ciyeee anomali.... hahaha) akhirnya saya nanya ke Bapa saya.
"Pak, kenapa dulu Bapak bisa tahu cerita macam Little Red Coat sama Tom Thumb?"
"Ooh.. dulu Bapak punya teman kerja orang bule, tiap makan siang, dia ajak bapak duduk sama-sama, trus dia cerita kalo dia rindu anaknya (yang gak diajak ikut ke Indo kayaknya). Jadi, dia cerita ke Bapak cerita-cerita yang sering dia bacakan ke anaknya kalo anaknya mau tidur. Tiap makan siang begitu, sampe bapak hapal."

Ternyata begitulah sejarahnya kenapa Bapak saya bisa tau cerita berjudul bahasa Inggris padahal bapak saya tidak pintar bahasa Inggris. hehe. Sekarang, kalo diingat-ingat, masa-masa Bapak menceritakan bedtime story ke saya itu berharga sekali. Kata kakak-kakak saya, hanya saya yang diceritakan bedtime story oleh Bapak, mungkin karena saya bungsu yah. :)

It makes me think that one day if I have a husband, he has to be a good storyteller for our kids. *awkward ending yah. hahahah*

Wrong Bedtime Story. hahaha. Taken from here

1 komentar: