Jumat, 11 November 2011

Ayo Membuat Resolusi

yang paling menjengkelkan dari memulai tulisan di blog ini adalah kolom judul yang letaknya di atas. begitu melihat kolom ini, biasanya, sesegar apapun ide di kepala saya, saya langsung nge-blank. nge-blank karena pop-up pertanyaan "tulisan saya harus dikasih judul apa ya?" yang kemudian membuat saya berfikir keras, dan ketika telah menemukan judul yang tepat, isi tulisan saya malah jauh melenceng dari judul. hahaha. entah sudah berapa banyak tulisan yang saya buang karena masalah ini. sayangnya.

kali ini saya sedang berfikir tetang tahun baru. wow, benar-benar tidak terasa tidak cukup 2 bulan lagi kita sudah sampai di tahun 2012. saya pribadi selalu semangat menghadapi tahun baru. bagi saya, dan beberapa orang lain saya yakin, tahun baru adalah permulaan baru, harapan baru, cita-cita baru, dll. setiap awal tahun saya selalu membuat catatan mengenai hal-hal yang ingin saya capai di tahun tersebut. contohnya di awal tahun ini, saya menulis beberapa resolusi pencapaian seperti "good toefl score" atau "bisa menyetir dengan lebih baik" *hehe, atau "bisa keluar negeri" dll. intinya segala hal yang menurut saya harus menjadi bagian dari diri saya doi tahun tersebut. dan terbukti, dengan adanya resolusi-resolusi tersebut, saya lebih terpacu, lebih fokus, lebih semangat mencapai mimpi saya.

akhir tahun ini rencananya saya akan membuat resolusi-resolusi baru lagi. beberapa resolusi mulai terpikirkan. seperti memulai usaha handycraft dengan kakak saya, yang saat ini sedang dalam proses berpikir. hehehe. atau resolusi untuk mulai menulis buku, yang akhir-akhir ini sering sekali saya pikirkan sebelum tidur. memang kadang beberapa resolusi terdengar terlalu "ngimpi", tapi, kalo untuk mimpi saja kita takut, lantas kapan kita bisa mencapai hal-hal yang besar?

hal lain yang lebih menarik bagi saya adalah melihat resolusi yang saya buat tahun lalu untuk dicapai tahun ini. berapa resolusi yang terealisasi dan berapa yang tidak. dengan kembali melihat resolusi tahun lalu, saya merasa leih mudah mensyukuri apa yang diberikan oleh Tuhan. kadang saya memang menyesali beberapa resolusi yang tidak tercapai, tetapi selalu ada yang dapat menghibur saya. BONUS. yap, setiap tahun, saya selalu mendapatkan bonus. yang saya maksud bukan uang pastinya. bonus yang saya maksud adalah hal-hal yang tidak tertulis di resolusi saya namun berhasil saya capai. bonus ini bahkan biasanya lebih besar dari resolusi saya. inilah bukti betapa Tuhan menyayangi makhluk ciptaanNya. dan dari sinilah saya belajar, bahwa selalu ada hal yang dapat disyukuri dalam hidup ini.

sekarang saya sedang mengambil ancang-ancang untuk menyusun daftar resolusi tahun 2012 saya. saya sedang membangun mimpi saya yang lebih besar. jadi, kenapa anda tidak mencobanya juga? saya menjamin tidak akan ada ruginya. kalaupun nantinya tidak ada yang terealisasi, setidaknya, daftar tersebut akan membantu kita untuk melakukan satu hal. evaluasi. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar