Selasa, 25 Februari 2014

Cerita-cerita Bapak

Hari ini, tiba-tiba saya teringat kebiasaan bapak saya bercerita saat saya masih kecil. Beberapa tulisan yang lalu saya pernah bercerita tentang bedtime story yang selalu bapak saya ceritakan saat tidur siang. Little Red Coat dan Tom Thumb. Kali ini saya teringat kalau diluar waktu tidur siang bapak saya juga senang bercerita.

Salah satu cerita yang paling saya ingat adalah fabel tentang sepasang rusa. Cerita ini tidak berjudul. Jika saya ingin diceritakan kisah ini, saya selalu bilang "Pak, ceritakan ka Sepasang Rusa." Seakan-akan "Sepasang Rusa" adalah judul cerita itu. Ceritanya lumayan sedih untuk ukuran saya yang masih TK dan awal SD. Si rusa betina yang ditembak pemburu dan rusa jantan yang lari lalu jatuh di jurang. Tragis sekali! Oh iya, cerita ini juga ada lagunya. Biasanya saya minta Mamak saya yang menyanyikan lagunya. Di akhir cerita saat si rusa jantan masuk jurang mata saya sudah berkaca-kaca. Suatu hari, Mamak saya membeli selimut bulu tebal bergambar dua ekor rusa. Jadilah selimut itu dinamakan....selimut sepasang rusa. Sekarang selimut sepasang rusa telah dipensiunkan dan bertengger manis di atas lemari. Terlalu tebal untuk iklim Makassar yang panas.

Cerita lain adalah cerita tentang Lai' Bonna dan So' Lalong. Kalau saya tidak salah ini adalah cerita rakyat dari daerah Toraja atau Enrekang. Ada juga yang mengenal Lai' Bonna sebagai Lebonna. Semacam itulah. Saya lupa-lupa ingat dengan cerita ini. Intinya tentang sepasang kekasih yang salah satunya mati. Ada lagunya juga. Tapi karena saya tidak begitu fasih bahasa Enrekang, jadi saya sudah tidak begitu ingat dengan syairnya. Sudah lama juga bapak saya tidak menceritakan cerita ini. Dulu bapak saya senang menceritakan kisah ini saat mati lampu. Dan seperti biasa saya gampang sedih jika mendengar cerita ini.

Lucu juga kalau mengingat bapak saya yang dulu mekanik alat berat, sehari-hari bekerja di bengkel, tapi senang berceritera. Cerita bapak saya kebanyakan fabel. Beberapa diantaranya masih saya ingat sampai sekarang. Siap untuk diteruskan ke anak saya kelak. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar